Meneropong Khazanah Dunia Pendidikan Kontemporer

Leave a comment
Resensi Buku

IMG_1022

Kompleksiatas permasalahan dalam bidang pendidikan selalu menjadi tema yang menarik untuk diketahui. Rasa penasaran itu mampu menundukkan beban jarak tempuh setebal 571 halaman yang terpampang di etalase toko buku langganan anda. Bagi anda yang ingin mengikuti perkembangan pendidikan saat ini, cepatlah membeli buku ini. Buku ini termasuk baru, cetakan pertamanya terbit pada bulan Desember 2015. Dan bukan mustahil kedepannya akan banyak bermunculan buku-buku yang juga menawarkan tema sejenis. Sebab arah pendidikan saat ini yang berkembang pesat atau (bisa jadi) sedang bergerak ke arah revolusi pendidikan.

Dari judulnya saja seharusnya anda sudah bisa menggambarkan isi dari buku tersebut. Inilah yang sebenarnya menjadi tanda tanya bagi saya pribadi. Judul bukunya “Ide-Ide Brilian 50 Pakar Pendidikan Kontemporer Paling Berpengaruh Di Dunia Pendidikan Modern”.  Jika dilihat dari judul tersebut maka akan terasa kejanggalan pada dimana sebenarnya letak zaman yang ingin dikemukakannya. Namun setelah dibaca sekilas barulah saya anggap bahwa buku ini bermaksud mengangkat tokoh-tokoh pendidikan kontemporer yang notabene ada pada zaman dimana kita hidup sekarang. Anehnya buku ini menuliskan dua zaman sekaligus, Pendidikan Kontemporer dan Pendidikan Modern. Apakah ada tokoh pendidikan Kontemporer yang berada pada zaman Pendidikan Modern? Jika tokoh yang mereka maksud berada pada zaman peralihan dari kedua zaman tersebut mengapa ada beberapa tokoh yang masih hidup sampai saat ini? Sayangnya tidak ada kata pengantar ataupun pendahuluan di buku ini yang menjelaskan kejanggalan pembagian waktu kepada kita sebagai pembaca.

Jika anda membeli buku ini untuk menuntut kedalaman bahasan maka anda akan merasa kurang puas pada paparan singkat yang ditulisnya. Menguraikan 50 pakar pendidikan kontemporer akan terasa sesak jika hanya ditumpahkan dalam 571 halaman saja.

Kontras dengan judul bukunya yang menuliskan kata “Ide”, terlalu panjang-lebarnya jabaran tentang sejarah atau latar belakang setiap tokoh dibandingkan ide (isi pemikiran) dari tokoh itu sendiri membuat saya berkali-kali menyayangkan dalam hati potensi buku ini.

Namun bagi anda yang membeli buku ini dengan tujuan ingin mengenal siapakah ke-50 tokoh terkemuka yang berperan dalam pendidikan kontemporer, sepertinya buku ini bisa menjadi referensi yang cocok. Buku ini juga terasa pas untuk dikonsumsi oleh para orang tua yang concern pada pendidikan anak-anaknya.

Buku ini tidak memberi alur jelas perpindahan dari tokoh satu ke tokoh lainnya. Sehingga terasa seperti sedang membaca kumpulan cerpen atau ensiklopedia. Di era yang serba instan ini, menjadikan buku sebagai media dengan paparan yang tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah internet sajikan sepertinya agak ketinggalan zaman. Mungkin ekspektasi saya saja yang berlebihan, namun sepertinya bukanlah pada tempatnya jika buku-buku yang dikhususkan bagi para intelektual memiliki rumusan yang tidak jauh berbeda dengan buku lainnya. Tetapi hal ini bisa jadi akan menjadi berbeda ceritanya jikalau sejak awal buku ini memang sengaja diperuntukkan untuk orang-orang “lainnya” tersebut. Dalam hal ini saya kurang faham, konsumen seperti apa yang sebenarnya menjadi sasaran mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s