Musik Funk Kehilangan Sosok Iconicnya, Prince

Leave a comment
3 Tracks of The Month / Sejenak

All these non-singing, non-dancing, wish-I-had-more-clothes fools who tell me my album suck. Why should I pay attention to them? — Prince

tumblr_o60vfjkkuj1sh6ucdo1_1280

Musicology album on my snapchat

Setelah David Bowie, kita kembali kehilangan sosok iconic era 80-an. Meninggalnya Prince pada usia 57 tahun (7 Juni 1958 – 21 April 2016) serentak membesatkan ironi di benak saya saat mengetahui bahwa album terakhirnya baru saja diluncurkan pada akhir tahun 2015 kemarin.

Anda tidak akan pernah salah menebak musik Prince di radio sebab suara melengkingnya yang khas dan musik bergenre funk kental diramu dengan pop, soul, dan rock. Cara berpakaian yang berani tampil beda menarik perhatian maupun cibiran banyak pihak. Terlepas dari itu, karyanya tetap saja mampu mewarnai musik dunia.

Sebagai pengantar, berikut saya tampilkan Annie Lennox pada urutan pertama 3TTM bulan April ini. Alasannya sederhana, Annie Lennox selalu mengingatkan saya pada Prince, begitu pula sebaliknya. Entah karena mereka ada pada generasi yang sama, atau lebih karena keduanya memiliki gaya fashion yang berani tampil berbeda. Ditambah lagi Annie Lennox bersuara dalam dan tebal sedangkan Prince bersuara tinggi dan tipis. Kedua-duanya menolak pandangan mainstream. Itu sebabnya secara personel saya menilai keduanya seperti sepasang, walaupun unsur funk pada musik Annie Lennox tidak terasa karena cendrung pada genre pop.

Lagu Prince teratas yang paling sering didengar menurut versi last.fm adalah When Doves Cry dan Purple Rain, diikuti dengan Kiss, Little Red Corvette, dan 1999. Berikut ini video musik Purple Rain yang dibawakan oleh Adam Levine yang sempat trending di youtube beberapa waktu lalu setelah kabar meninggalnya Prince.

Demam Batman yang diperankan oleh Ben Affleck baru-baru ini tentunya masih sangat segar diingatan kita. Tapi pernahkan anda tahu bahwa Prince sempat mengisi album soundtrack Batman pada tahun 1989?

Thank you for the funky time.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s