Loreen, Penyayi Eksotik Asal Swedia

Leave a comment
3 Tracks of The Month / Resensi / Resensi Musik / Sejenak

3 TTM kali ini khusus hanya untuk membahas Loreen. Alasannya sederhana; musiknya cukup sering saya dengarkan akhir-akhir ini.

Penyanyi asal Swedia ini sangat berhati-hati dalam berteknik suara, sehingga mampu menghasilkan suara yang jernih dan indah. Tahun 2004 ia pernah mengikuti ajang Swedish Idol walaupun pada saat itu ia tidak mendapatkan posisi pertama. Namun ternyata ajang tersebut menjadi awal perjuangan Loreen untuk mengikuti Eurovision 2012 di Baku. Pada saat itu ia mewakili Swedia dengan membawakan lagu Euphoria yang pada akhirnya dapat membawa dirinya menjadi pemenang diajang tersebut.

Gaya bernyanyinya lepas namun tetap teratur, ditambah dengan pita suara yang tebal membuat suaranya terasa lebih powerful. Di album Heal (2015) jenis musik yang dibawakannya adalah pop-dance-electronic. Dengan genre tersebut bukannya tidak mungkin setiap performancenya dituntut untuk banyak bergerak. Aktif di panggung mengharuskan kestabilan suara. Bagi Loreen yang memiliki perjalanan karir  yang mementingkan teknik, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Saya pribadi sangat mengemari produksi suara dan penghayatan yang dihasilkanya, itu sebabnya saya lebih memilih untuk mendengarkan versi akustik dibandingkan full band, dari albumnya ataupun official music video.

Bonus track :


Figure. Artisten Loreen vågade gå emot strömmen under Eurovision Song Contest i Azerbajdzjan och besökte politiska  oppositionella i landet under sin tid där. ”Så gör man inte, fick jag höra”, säger stjärnan: “Loreen: Agerapriset känns oerhört viktigt”. Metro. 20 January 2013. Retrieved 23 February 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s