Dibuat Galau oleh Samsung

Leave a comment
Resensi / Resensi Teknologi

Mendengar berita dari Apple yang meluncurkan iphone 5c-nya. Semakin membuat saya yakin bahwa semakin ke sini ternyata produsen Apple tidak lagi memilihkan produknya untuk konsumen, tetapi seperti hal para pesaingnya, mereka membuat produsen yang memilih.

Yang ada sekarang, mereka membaca arah kebutuhan pasar dengan melempar banyak kartu. Berbeda saat Steve Jobs masih ada. Pihak Apple memberikan apa yang diperkirakan konsumen butuhkan sebenarnya. Itu sebabnya Steve Jobs bersikeras pada ipad dengan ukuran layar 10 inch dan bukan ipad mini yang ada sekarang. Situasi perkembangan teknologi setelah Jobs memang terus melaju. Tetapi masih dirasa bergerak linier. Seperti saat Nokia berjaya dengan begitu banyaknya pilihan produk. Butuh pemikiran baru dan kreatif dari pembaharu yang diharapkan lahir dikemudian hari. Memberikan solusi dan strategi pemasaran yang jitu, simpel dan tepat sasaran.

Untuk produk Samsung Galaxy Gear ataupun Google Glass bukan merupakan hal yang mengagetkan jika pada akhirnya diluncurkan ke pasar. Bukannya jam bisa nelpon itu sudah ada sejak jaman Power Rangers masih belah tengah? Hanya saja kedua produk tersebut tidak dapat saya katakan “sangat” berguna bagi khalayak banyak. Kebutuhan akan jam tangan yang dapat berbicara (Siri), melakukan panggilan telpon (entah apakah nyaman saat lawan bicara kita bisa terdengar oleh orang disekitar kita seperti halnya saat mengaktifkan fitur speaker di handphone), lalu mengambil foto itu benar-benar bermanfaat. Lalu Google Glass? seriously?

Kalau Samsung beda lagi. Bukan dalam hal negatif. Memang jadi tidak berwarna jika tidak ada produsen yang banyak berinovasi. Samsung sudah dikenal gaya berdagangnya yang mirip-mirip Nokia. Melihat persentasi mereka di bulan September tahun ini (lihat videonya), saya malahan jadi dibuat bingung… Jadi produk apa yang harus saya pilih? Ativ Q? atau Galaxy Note 10.1 edisi 2014? atau supaya bisa “relatif lebih nyaman” melakukan panggilan telpon saya harus beralih ke Galaxy Note 8.0 yang keluar lebih dulu dengan mengorbankan kreativitas karena layarnya lebih kecil. Oh Jobs, bisakah kamu memilihkan semua ini untuk saya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s