Pengalaman Pertama SIPNAP

comments 2
Meja Kerja / Profesi Apoteker / Seputar Pekerjaan

Kelanjutan dari tulisan kemarin mengenai sosialisasi pelaporan online narkotika dan psikotropika, kali ini saya mengutarakan apa saja yang saya dapati setelah selesai menggunakan sistem ini. Setelah 3 hari berturut-turut, akhirnya 3 bulan laporan untuk 3 apotek selesai saya rekap. SIPNAP cukup membantu dalam melihat kesalahan-kesalahan penjumlahan pada pelaporan NAPZA seperti banyak ditemukan pada pelaporan manual.

Laporan di-upload harus secara berurutan, dari bulan Januari, Februari, kemudian Maret, dan seterusnya. Ini penting dilakukan agar terlihat kesesuaian jumlah setelah dibandingkan dengan laporan pada bulan sebelumnya. Misalnya jumlah Xanax pada akhir bulan Januari 48, maka bulan Februari stok awal harus diisi 48 agar data exel dapat ter-upload sempurna. Di awal waktu sering kali jika terjadi ketidak sesuaian, pihak user tidak diberi tahu, sehingga saat membuka tabel rekap laporan terlihat seluruhnya berisi angka nol disebebkan karena tidak terbaca saat uploading.

Selain itu sistem ini entah dengan sengaja atau memang belum sempurna, yaitu jika saat itu frekuensi “logout-sign in” terlalu sering kita lakukan dalam satu waktu akan membuat sistem ini tertutup untuk user tersebut sementara waktu. Bisa jadi memang sengaja diciptakan sebagai bagian dari sistem keamanan, entahlah.

Saya menyambut baik program ini, hanya saja berharap agar kecepatan aksesnya websitenya diperbaiki. Pengalaman kemarin saya harus subuh-subuh mengerjakan laporan ini secara online agar lebih responsive. Apalagi jika ditinjau dari masyarakat Lampung yang masih sedikit sekali memiliki koneksi internet cepat.

Advertisements

2 Comments

  1. sering kali saya akses laporan narko psiko, barang ke eror an pada hasilnya.. menurut saya sistem pelaporan ini malah belum bagus sama sekali…

    • Yup, saya jg bertanya2 mengapa mereka membangun website yang lemah. Termasuk kontrolnya. Saya juga pernah membuat satu laporan apotek yg tdpt kesalahan di dalamnya, sudah saya laporkan utk diperbaiki dan dapat jawaban positif dr mereka. Tapi belum ada tindakannya sampai sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s