Sosialisasi Pelaporan Online Narkotika dan Psikotropika

Leave a comment
Meja Kerja / Profesi Apoteker / Seputar Pekerjaan

Kamis, 28/03/2013 kemarin seluruh apoteker kota Bandar Lampung diundang oleh Dinas Kesehatan Kota setempat untuk sosialisasi bentuk pelaporan Narkotik dan Psikotropik terbaru. Karena banyaknya peserta yang diundang dalam sosialisasi ini, sesi acarapun harus dibagi menjadi tiga sesi, dan setiap sesi berlangsung selama 2 jam. Dalam tiap sesi secara garis besar dijelaskan mekanisme pelaporan dan pengenalan website Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika Nasional (SIPNAP) milik Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan yang terdiri atas: simulasi pendaftaran user id, pengenalan bagian-bagian situs SIPNAP, dan pengerjaan laporan narkotika dan psikotropika melalui upload data exel secara online. Sederhana memang, hanya saja tidak semua apoteker akrab dengan dunia maya, sehingga tampak sebagian besar peserta butuh pengarahan sejelas-jelasnya hingga waktu 2 jam tersebut tidak terbuang percuma.

Pada saat pertama kali saya mendapatkan pengarahan dari Dinas Kota setempat, entah mengapa pelaporan online ini dalam teknisnya terlihat masih dalam taraf semi-online. Pelaporan masih perlu menggunakan Microsoft Exel untuk kemudian dapat diterjemahkan dalam bahasa script. Akan tetapi terlepas dari itu semua, terlihat adanya usaha pemerintah dalam mengembangkan sistem krontrol terpusat melalui sistem informasi yang terintergrasi baik. Kendati demikian, banyak pula peserta yang skeptis menanggapi perubahan ini. Dalam benak masing-masing masih bertanya-tanya keefektifan sistem ini dan meragukan penyebar luasannya hingga ke pelosok-pelosok nusantara. Tidak bisa disalahkan juga, memang dalam hal ini negara kita masih dalam taraf merangkak. Sekarang tergantung kita, mau merangkak maju, atau malah diam ditempat.

Banyak masukan dari peserta pada saat sesi pertanyaan. Diantaranya mengenai tidak terdapatnya pembubuhan tanda tangan apoteker setelah dilakukan printout olahan data. Juga hilangnya kolom keterangan tempat pembelian narkotika dan psikotropika. Diharapkan kedepannya pihak Binfar Kefarmasian dan Alat Kesehatan DEPKES dapat mengkaji hal ini lebih lanjut, apakah memang sudah ketentuannya ataukah masih harus dibenahi untuk menghindari kecurangan disana-sini akibat kurangnya beberapa atribut kecil yang lumayan penting.

Sebagai tambahan informasi saja bagi rekan sejawat, selain pelaporan online, pihak apotek juga masih harus menyerahkan laporan dalam bentuk printout. Bedanya disini, printout yang diserahkan adalah data exel hasil olah yang berasal dari situs SIPNAP. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana mengoperasikan sistem ini silahkan mengunjungi website http://sipnap.binfar.depkes.go.id untuk dapat melakukan test aplikasi.

Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s